Hafalkah Anda Nama-nama Bulan dalam Islam?

6 Comments

Mungkin jika kita ditanya nama bulan dalam kalender Masehi, maka dengan cepat kita akan bisa menjawab, ya Januari sampai Desember itu jawabannya, namun ketika adik kita, atau anak kita bertanya nama-nama bulan dalam islam, diantara kita mungkin harus membuka kalender hijriyah untuk bisa menjawabnya karena memang kita tidak hafal nama-nama bulan dalam islam, mungkin itulah sedikit pengalaman yang dialami oleh beberapa saudara muslim disekitar kita, kebanyakan diantara kita belum hafal nama-nama bulan dalam islam (Hijriyah), padahal selayaknya lah kita menghafal nya. bukan untuk test atau untuk mengisi soal ujian saja, tapi sebagai dasar bahwa kita adalah seorang muslim.

Tahun Hijriyah adalah kalender Islam yang didasarkan atas peredaran bulan (qamariyah). Maka tidaklah salah apabila ada yang menyebutnya tahun Qamariyah. Tahun Hijriyah dihitung dari hijrahnya Nabi Muhammad sallahu ‘alaihi wa sallam. sebagai tahun pertama. Penetapan tahun hijriyah dilakukan pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khatthab, tepatnya pada tahun keempat ia berkuasa, yakni hari Kamis, 8 Rabi’ul Awal tahun 17 Hijriyah.

Sebelum penetapan tahun Hijriyah, dari masa ke masa dihitung berdasarkan peristiwa-peristiwa penting. Seperti penamaan "Tahun Azan"sebagai tahun pertama, karena pada saat itulah disyariatkan azan. Atau penamaan "TahunWada" yang artinya "perpisahan" sebagai tahun kesepuluh. Sebab, pada masa itulah, Nabi Muhammad  sallahu ‘alaihi wa sallam, melaksanakan haji wada’ yang merupakan haji terakhir. Tahun Hijriyah terdiri dari 12 (dua belas) bulan dengan jumlah hari 30 dan 29 yang silih berganti setiap bulan. Penetapan bulan sebanyak 12 ini,sesuai dengan firman Allah SWT,"Sesungguhnya bilangan bulan disisi Allah ada dua belas, dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi. Di antara bulan-bulan itu, ada empat bulan yang dihormati (Zulqaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab). Itulah ketetapan agama yang lurus. Maka janganlah kamu menganiaya diri (maksudnya mengerjakan perbuatan yang melanggar  kehormatan bulan-bulan itu dengan mengadakan peperangan) pada bulan-bulan itu. Perangilah kaum Musyrik itu semuanya sebagaimana mereka memerangimu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa." (Q.S. At Taubah: 36).

Penamaan bulan-bulan dalam tahun Hijriyah disesuaikan dengan masa yang sedang mereka (Bangsa Arab) jalani.

  1. Muharram, nama bulan pertama. Artinya, yang diharamkan atau yang menjadi pantangan. 
  2. Shafar,nama bulan kedua. Artinya, kosong.
  3. Rabiu’ul Awal, nama bulan ketiga. Berasal dari kata rabi (menetap) dan awal (pertama).
  4. Rabi’ul Akhir, nama bulan keempat. Artinya masa menetapnya kaum laki- laki untuk terakhir atau penghabisan.
  5. Jumadil Awal, nama bulan kelima. Berasal dari kata jumadi (kering) dan awal (pertama).Penamaan Jumadil awal, karena bulan ini merupakan awal musim kemarau, dimana mulai terjadi kekeringan.
  6. Jumadi Akhir, nama bulan keenam. Artinya, musim kemarau yang penghabisan.
  7. Rajab,nama bulan ketujuh. Artinya mulia. Penamaan Rajab, karena bangsa Arab tempo dulu sangat memuliakan bulan ini.
  8. Syaban, bulan kedelapan. Artinya berkelompok.
  9. Ramadhan, nama bulan kesembilan. Artinya sangat panas. 
  10. Syawal, nama bulan kesepuluh. Artinya, kebahagiaan.
  11. Zulqaidah, nama bulan kesebelas. Berasal dari kata Zul (pemilik) dan Qa’dah(duduk). Penamaan Zulqaidah, karena bulan itu merupakan waktu istirahat bagi kaum laki-laki Arab dahulu. Mereka menikmatinya dengan duduk-duduk di rumah.
  12. Zulhijjah nama bulan kedua belas. Artinya yang menunaikan haji.

 

Tulisan ini saya tulis karena malu ditanya sama anak saat dia mendapat tugas untuk didikan subuh, thanks to Muhammad Ihsan Firdaus yang telah menulis tema ini diblognya sehingga saya bisa memberikan jawaban kepada anak saya. semoga ini juga bermanfaat buat yang lain.

6 Comments (+add yours?)

  1. Rani Efra Yunita
    Nov 04, 2011 @ 04:57:15

    Assalammu’alaikum , , ,

    Syukron tulisannya, sama saya jg malu sama anak adek bungsu saya, yang skrng msaih kls 1 SD, waktu saya di tanya nama2 bulan menurut Islam, saya malah diam trs dalam sebenernya malunya bukan main tapi Allahmdululillah smuanya terjawab , , ,

  2. Admin
    Nov 04, 2011 @ 10:32:55

    Rani EY,

    Wa alaikum salam…

    Alhamdulillah…

  3. rudy
    Jun 07, 2012 @ 22:27:31

    alhamdulillah td aQ ditanyain ma adeku yg masih TK tp pas liat dikalender cuma ada 11 bulan’y????
    Untung ada hafalkah anda nama2 bulan islam????

  4. Admin
    Jun 07, 2012 @ 22:40:49

    Rudy, Alhamdulillah… :)

  5. Dyah
    Jul 23, 2013 @ 05:03:31

    Assalamualaikum terimakasih atas tulisannya ,saya dan anak saya sangat terbantu dengan tulisan nya , sehingga dapat menyelesaikan tugas sekolahnya

  6. Admin
    Jul 23, 2013 @ 06:51:59

    Wa alaikum salam W.W.

    Sama-sama Bu :)
    Alhamdulillah

Leave a Reply