Microsoft Cloud Computing

5 Comments

Cloud Computing…..

Benda apa lagi nich, sebagian rekan-rekan mungkin sudah sering mendengar atau membaca di media, baik itu media elektronik maupun media cetak serta media-media online tapi mungkin sebagian rekan-rekan masih asing dengan benda satu ini. Untuk itu penulis mencoba menyimpulkan apa itu cloud computing berdasarkan sumber-sumber yang telah penulis baca dan pelajari terutama mengenai teknologi cloud computing yang diusung oleh Microsoft.

Cloud Computing jika diartikan secara gamblang ke dalam bahasa Indonesia menjadi sedikit aneh, kenapa aneh, karena Cloud berarti Awan sementara Computing berarti menghitung. Tapi bukan itu yang dimaksud disini, dimana Cloud memang berarti Awan dan Computing berarti System Komputer, jika digabung menjadi System Komputer Awan. Loh kok ada system komputer awan, apakah yang dimaksud system komputer yang bebas alias tanpa batas seperti awan?

Yup, bisa dibilang begitu karena Cloud Computing memang bersifat tanpa batas sama halnya seperti awan diatas langit, tidak ada yang membatasi dan bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin memanfaatkannya, baik itu perorangan, perusahaan besar maupun perusahaan kecil atau yang sering dikenal dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) atau dalam bahasa sononya dikenal dengan Small Medium Enterprise (SME).

Saat ini sudah banyak vendor atau lebih dikenal provider yang membangun System Cloud Computing untuk disewakan kepada para pengguna seperti yang disebut sebelumnya, diantaranya: Microsoft, Google, Amazon, IBM, dan lain-lain. Semua provider ini mempunyai nama sendiri untuk teknologi cloud computing mereka, seperti Microsoft, mereka mempunyai dua teknologi cloud computing, yakni:

  • Public Cloud Computing, dan
  • Private Cloud Computing.

Dimana untuk teknologi Public Cloud Computing, Microsoft membagi kedalam dua kategori, yakni:

  • Kategori Produktivity menggunakan Microsoft Office 365
  • Kategory Application Development & Hosting menggunakan Windows Azure

Untuk kategory Produktifity, Microsoft menggunkaan system Microsoft Office 365 dimana target dari teknologi ini membantu para pengguna untuk bisa terhubung dan berbagi dokumen dimana saja berada tanpa adanya batasan waktu maupun jarak sehingga dapat mempercepat pemegang keputusan dalam mengambil keputusan yang akan dicapai berdasarkan dokumen yang up to date serta akurat. Dengan fitur ini, seakan-akan pengguna diberikan sebuah kantor virtual yang bisa diakses dari PC, Smartphone dan browser yang telah tersedia.

Untuk kategory Application Development & Hosting menggunakan teknologi Windows Azure dimana Windows Azure merupakan sistem operasi dari Microsoft yang khusus dibuat untuk Cloud Computing. Windows Azure ini hanya terinstall pada Data Center Microsoft, tidak dideliver ke pelanggan. Dengan teknologi Windows Azure ini, pelanggan diberikan keleluasaan untuk mengatur sendiri apapun platform yang akan digunakan untuk applikasi yang akan digunakan sesuai dengan skill yang dimiliki dengan kata lain, menggunakan Windows Azure, pelanggan bisa menggunakan applikasi yang sudah digunakan tanpa harus mempelajari teknologi yang baru lagi sehingga proses migrasi dari applikasi yang ada saat ini ke Cloud Computing akan lebih cepat serta minim kesalahan karena developer dari pelanggan sudah familiar dengan tools atau platform yang digunakan. Sebagai contoh, saat ini pelanggan sudah menggunakan .Net, Java atau PHP sebagai tools dalam membangun applikasi yang digunakan. Dengan Windows Azure, pelanggan bisa langsung menggunakan tools yang ada karena Windows Azure mendukung semua tool-tool tersebut.

Sementara Teknologi Private Cloud Computing, menggunakan system Windows Server Hyper-V dimana target dari teknologi ini adalah perusahaan-perusahaan besar atau provider-provider yang ingin membangun System Cloud Computing sendiri tanpa melibatkan prinsipal (Microsoft). Biasanya semakin besar perusahaan, maka semakin tinggi tingkat persaingannya sehingga faktor keamanan merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan dalam mengadopsi teknologi baru, seperti halnya cloud computing. Mereka akan berusaha untuk menutup sekecil mungkin celah bagi pihak lain untuk bisa mengakses system mereka, baik itu kompetitor maupun provider yang mereka gunakan. Menanggapi kekhawatiran akan hal tersebut, Microsoft memberikan solusi bagi pelanggan dengan menghadirkan teknologi Private Cloud Computing menggunakan system Windows Server hyper-V dimana mereka bisa membangun sendiri Cloud Computing yang dapat diakses oleh cabang atau stakeholder mereka tanpa harus membayar koneksi antar cabang yang sangat mahal jika dibandingkan dengan menggunakan Internet. Begitu juga dengan provider-provider yang ingin membangun teknologi cloud computing sendiri kemudian menyewakan service mereka kepadda pelanggan-pelanggan mereka sehingga bisnis mereka tetap berjalan mengikuti perkembangan dan tetap setia melayani pelanggan mereka. Mengikuti perkebangan teknologi ini, di Indonesia sudah ada beberapa provider yang membangun sendiri cloud computing yang menawarkan jasanya kepada pelanggan, salah satunya Infinys yang menyediakan layanan system cloud computing dengan teknologi terupdate mengunakan Private Cloud Computing berbasiskan teknologi Microsoft.

Semoga bermanfaat.

5 Comments (+add yours?)

  1. Teddy
    Apr 18, 2011 @ 01:02:42

    Mas,

    Punya referensi atau info provider di Indonesia yang punya cloud services dengan windows azure ini ga ?
    Kalau bisa, selain infinys. Mau cari referensi provider tambahan lagi mas.. :)
    Thanks mas..

  2. icigo
    Jul 05, 2011 @ 16:12:26

    bagus gan artikelnya.
    kapan2 update lagi ya postinganya. terutama tentang cloud computing.
    kalau e-book tentang cloud computing yang bahasa indonesia, ente punya ga gan?

  3. Admin
    Jul 05, 2011 @ 18:24:44

    Thanks Gan…

    mau sekalian di jadiin e-book, masih otw, mudah2an cepat kelar :)

  4. Admin
    Jul 05, 2011 @ 18:27:10

    Sorry mas baru bisa reply…

    kl yang windows azure cuma ada di Datacenternya Microsoft, tapi kl yang pake Windows Server 2008 hyper-V, selain Infinys, ada telkom mas..

    terima kasih kembali

  5. Mariana
    Oct 19, 2012 @ 02:10:07

    Tambahan referensi untuk melengkapi konten ini. Silahkan diliat ( dalam Bahasa Indonesia )

    IT Journal SaaS Cloud Computing – ISSN 2085-8299
    Source : http://herw1n.wordpress.com/2012/10/08/memahami-saas-cloud-computing/

Leave a Reply